Nama:  Putri Firiandari
Nim : 01219060
Kelas : Manajemen A-01
                                 

Tugas Pengantar Bisnis Elina


Ebook Pengantar Bisnis Jeff Madura (sudah saya share di grup WA), pada hal buku 51 atau hal 81 pdf di PERNERAPAN INTERNET.

1. Apa saja jasa yang disediakan oleh Asosiasi Bisnis Kecil?
2. Menurut saudara, Apa saja jenis Pelatihan yang efektif yang diperlukan bagi pemula bisnis?
3. Apakah situs web seperti ini membantu bagi wiraswasta baru?

Silahkan dibuka :
https://www.sba.gov/page/coronavirus-covid-19-small-business-guidance-loan-resources
https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62
http://www.depkop.go.id/kegiatan



JAWABAN :


1. Apa saja jasa yang disediakan oleh Asosiasi Bisnis Kecil

Asosiasi Bisnis Kecil atau Small Business Administration (SBA) menyediakan beberapa jasa, yaitu :

 1. Bantuan Lokal : SBA bekerja dengan sejumlah mitra local untuk memberi nasihat, mentor, dan melatih bisnis kecil.

2. Produk dan sumber daya SBA : membantu usaha kecil dengan mengakses sumber daya federal dan menavigasi rencana kesiapsiagaan mereka sendiri.

3. Akses modal : menyediakan sejumlah sumber daya pinjaman untuk usaha kecil untuk mengoperasikan usaha mereka.

4. Bantuan ekspor : memberikan pinjaman ekspor untuk membantu usaha kecil mencapai penjualan melalui ekspor dan dapat membantu bisnis ini merespons peluang.

5. Membantu kelanjutan operasi untuk program kontrak bisnis kecil dan bisnis kecil dengan kontak federal.



2. Menurut saudara, Apa saja jenis Pelatihan yang efektif yang diperlukan bagi pemula bisnis?

Sebelum memulai pelatihan bisnis, hal yang pertama kali harus dibentuk adalah mindset menjadi pebisnis yang sukses. Dimana seorang entrepreneur atau pengusaha pasti memiliki mindset yang lebih produktif, kreatif dan inovatif. Pelatihan bisnis adalah solusi atau jalan alternatif yang bisa dipilih untuk membentuk mindset kita yang tadinya kurang membuat diri semakin berkembang menjadi memenuhi standar seorang entrepreneur yang tahan banting. Setelah menempuh pelatihan bisnis kita bisa siap secara mental, pikiran serta finansial dan dapat bersaing di pasar bisnis yang semakin ketat.
Pelatihan bisnis yang diperlukan bagi pemula yaitu pelatihan tentang :

1. Keterampilan Penjualan

Sebagai seorang pengusaha sudah seharusnya Anda memiliki keterampilan untuk menjual dengan efektif. Pelatihan yang baik akan mengajarkan Anda tentang praktik penjualan yang baik dan memungkinkan Anda untuk mengajarkan para karyawan tentang teknik menjual yang penting untuk dilakukan.

2.  Kemampuan Manajerial

Saat memulai bisnis sendiri, Anda perlu tahu cara memimpin dan mengelola tim, memotivasi karyawan, berkomunikasi secara efektif, dan mengambil keputusan dengan tepat.
Dengan pelatihan yang baik dan mumpuni diharapkan Anda bisa memahami dengan baik cara mendelegasikan tugas, berkomunikasi dengan baik, menerapkan sikap tegas, dan memberikan umpan balik kepada karyawan.

3.  Keterampilan Keuangan Bisnis

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang pemimpin perusahaan, salah satunya adalah memahami dengan baik masalah keuangan. Sebagian besar tugas seorang manajer adalah meninjau dokumen keuangan, melakukan analisis kinerja keuangan, dan mengelola anggaran.
Tidak hanya itu saja, Anda juga diharapkan untuk mengkomunikasikan kinerja keuangan dengan anggota tim, melakukan diskusi, merencanakan anggaran, dan rencana investasi yang akan dilakukan.
Hal yang menjadi permasalahan dan kendala adalah saat Anda tidak memiliki latar pendidikan di bidang keuangan.
Mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang keuangan bisnis sangat penting untuk dilakukan oleh seorang manajer.

4. Mengembangkan Soft Skill

Soft skill sering juga disebut dengan kemampuan sosial atau interpersonal yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dan membangun hubungan kerja yang baik.
Soft skill merupakan keterampilan sederhana yang bisa dipelajari dan ditingkatkan oleh semua orang.
Keterampilan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja dan kesuksesan pekerjaan yang dilakukan saat ini.
Saat ini sudah banyak lambaga pendidikan non-formal yang menawarkan kursus untuk mengembangkan keterampilan interpersonal atau soft skill yang ditujukan untuk pemimpin perusahaan.
Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyisihkan sebagian waktu untuk mengikuti pendidikan yang disediakan oleh salah satu lembaga.


5. Keterampilan Manajemen Waktu yang Efektif

Setiap pengusaha yang sukses pasti memiliki sikap pantang menyerah, berpikir strategis, dan mampu mengelola waktu dengan efektif.
Manajemen waktu sangat berkaitan dengan kemampuan Anda untuk mengatur berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk melakukan kegiatan tertentu.
Pastikan Anda mengelola waktu dengan baik dengan cara melakukan aktivitas yang memberikan nilai tambah bagi bisnis dan bisa memberikan banyak manfaat

6. Berkomunikasi Secara Efektif

Keterampilan berkomunikasi secara efektif tidak hanya bermanfaat untuk sukses dalam aspek kehidupan, tetapi juga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.
Kemampuan berkomunikasi tidak hanya tentang mengungkapkan kalimat yang efektif saja, tetapi berhubungan juga dengan ekspresi wajah, bahasa tubuh, penampilan, dan sinyal non-verbal yang lainnya.
Latihlah diri Anda untuk mengikuti kursus keterampilan berkomunikasi yang bisa membantu Anda untuk menyampaikan pesan secara lugas dan jelas.
Pastikan setiap pesan yang akan disampaikan sudah Anda sesuaikan dengan audiens yang akan menyimak dan mendengarkan.





3. Apakah situs web seperti ini membantu bagi wiraswasta baru?

Tentu saja sangat membantu karena sebagai wiraswasta harus mengikuti perkembangan zaman dengan majunya teknologi. Banyak keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan situs web, yaitu :

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website.
Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda.
Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.

2. Menghemat Uang

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda belum mampu membuat sebuah website yang profesional.
Namun, coba bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, ketika Anda bisa melihat pasar potensial yang dapat Anda capai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.
Meskipun biaya membangun website itu bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp500.000 per bulan. Dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahunan.

3. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Jadikan website Anda sebagai brosur online atau katalog. Akan jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web Anda dapat selalu diperbaharui dan memberikan informasi yang senantiasa up-to-date.

4. Mudah Diakses

Sebuah website bisa diakses oleh Anda sendiri dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.

5. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Baik menjual produk maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web eCommerce atau toko online, adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk Anda ke pasar yang lebih luas, karena produk Anda bisa diakses dan dilihat secara global.
Eits, tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpikir kalau Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online. Bahkan mobil dan rumah pun bisa dijual secara online lho!

6. Sarana Katalog Produk Dan Jasa (Portofolio)

Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan Anda, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda unik.

7. Menghemat Waktu

Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.
Dengan katalog online, Anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda.
Setelah website Anda jadi, maka website bisa diakses oleh para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu Anda.

8. Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan

Semisal, mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang. semisal lagi, mungkin Anda seorang akuntan dan ingin memberikan nasihat kepada klien Anda tentang cara untuk menyederhanakan praktik pembukuan mereka.
Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, hal tersebut dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date.

9. Tingkat Konversi Tinggi = More Sales

Tanpa penjualan (sales), atau menjual lebih dari biaya yang sudah dikeluarkan, bisnis Anda dapat berakhir. Dengan memiliki website dan toko online, memungkinkan Anda untuk menjual produk atau layanan Anda sepanjang waktu untuk siapapun dan kapanpun. Ketika seseorang keluar dari sebuah toko tanpa membeli, ada kemungkinan mereka akan kembali atau tidak kembali untuk membeli. Belanja online bekerja dengan cara yang sama, keranjang belanja sangat umum untuk ditinggalkan.
Perbedaannya adalah online memiliki banyak alat yang memungkinkan Anda untuk memasarkan ulang produk yang mungkin telah dilihat oleh konsumen. Sebuah taktik terbaik untuk membawa orang kembali ke situs Anda. Singkat kata, “menjadi terlihat” secara luas di mata dunia membuat Anda memperoleh lebih banyak konsumen. Semakin banyak konsumen dan pengunjung pada situs web dan toko online, semakin banyak penjualan yang akan Anda hasilkan. Semakin banyak penjualan, semakin bahagia Anda.

Komentar

Postingan Populer