Tugas Bisnis Internasional

Tugas Elina Pengantar Bisnis

BISNIS INTERNASIONAL

Nama : Putri Firiandari
Nim : 01219060
Kelas : Manajemen A1

1. Kegiatan pemasaran dalam bisnis internasional, mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara internasional, sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu jelaskan hal-­hal apa saja yang menurut anda harus dilakukan, khususnya terkait dengan akspek pemasaran, agar misi bisnis organisasi sukses ?

Spesialisasi antar bangsa – bangsa
Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu Negara haruslah menentukan pilihan strategis untuk memproduksikan suatu komoditi yang strategis yaitu :
a. Memanfaatkan semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga dapat menghasilkannya secara lebih efisien dan paling murah diantara Negara-negara yang lain.
b. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kelemahan paling kecil diantara Negara-negara yang lain
c. Mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negerinya

 2. Pelaku pasar di negara maju memandang produk dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah. Strategi apa yang dapat digunakan untuk menjual produk-produk buatan negara sedang berkembang dengan negara maju dengan sukses ?
Dengan mengetahui lingkungan pemasaran internasional dan yang paling penting adalah sistem yang digunakan dalam perdagangan internasional. Dalam mempertimbangkan pasar asing, harus mengetahui dan memperhatikan beberapa hal seperti hukum, ekonomi, budaya negara yang jadi tujuan pasar dan juga politik. Mempertimbangkan proporsi dari penjualan di pasar internasional untuk target total penjualannya. Srategi lainnya adalah memutuskan setiap pasar yang akan di masuki. Strategi berikutnya adalah perusahaan perlu memutuskan cara menembus pasar negara lain yang menjadi target dan juga memberikan keputusan sejauh mana promosi, produk, distribusi dan harga yang sesuai dengan pasar asing tersebut.
3. Apa yang anda pahami dan apa manfaat dari misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan  CSR (Corporate Sosial Responsibility) bagi perkembangan perusahaan di masa yang akan datang ?
 Manfaat CSR bagi perusahaan :
1.    Memperoleh citra yang baik di mata masyarakat
2.      Mudah menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan lain
3.      Mudah mendapat bantuan dari masyarakat sekitar bila terjadi sesuatu.
4.      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.

Komentar

Postingan Populer