Ujian Akhir Semester Pengantar Bisnis
Ujian Akhir Pengantar Bisnis
Nama : Putri Firiandari
Nim : 01219060
Kelas : Manajemen A01
Ujian Akhir Semester Pengantar Bisnis
Nama : Putri Firiandari
NIM : 01219060
Kelas : Manajemen A01
1. untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan bisnis
Pada Lingkungan Internal
a. Karyawan : Pelayanan terhadap pelanggan
b. Manajemen : Keahlian dalam mengelola sebuah bisnis
c .Pemegang saham : orang yang mendanai dan menanamkan modalnya dalam -bisnis tersebut
Pada Lingkungan Eksternal
a. Lingkungan Khusus : Konsumen atau pelanggan merupakan kelompok potensial yang mengonsumsi output atau barang dan jasa yang dihasilkan Pemasok, perusahaan atau individu yang menyediakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi produk atau jasanya. Pesaing, meliputi semua tawaran pesaing yang nyata maupun potensial serta substitusi yang dipertimbangkan oleh pembeli.
1. Kreditor, Perusahaan perlu memperhatikan kreditor atau kelompok kepentingan tertentu yang mempengaruhi kegiatan organisasi secara financial.
b. Lingkungan Umum
1. Kondisi Ekonomi : Tingkat inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan nasional, keadaan neraca pembayaran, kondisi pasar saham serta fluktuas kurs valuta asing dan suku bunga,Kondisi politik dan Hukum : Terdapatnya kestabilan politik dan kebijakan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan suasana kondusif u Untuk mengembangkan aktivitas organisasi bisnis di berbagai bidang.
2. Kondisi Sosial Budaya : Para manajer perlu memperhatikan adanya perubahan sosial budaya masyarakat khususnya pola dan tren pasar yang dituju.
3. Kondisi Demografi : Kondisi demografi mencakup kebiasaan yang berlaku dalam karakteristik fisik dari populasi, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lokasi geografis, pendapatan, konsumsi keluarga.
4. Teknologi : Teknologi merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling cepat mengalami perubahan. Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan manajer terutama dalam hal pengembangan produk.
5. Globalisasi : Globalisasi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis.
2. Etika Bisnis dan CSR
A. Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis memiliki peranan penting karena dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau masyarakat.
B. Pengertian CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan.
Contoh program CSR seperti yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy) • Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango)
3. Ciri-Ciri bentuk Usaha & Jenis Organisasi a. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
• relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
• tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
• tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
• seluruh keuntungan dinikmati sendiri
• sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
b. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
• Firma
1. Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan. 2. Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
3. Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.
• CV
1. Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
2. Modal besar karena didirikan banyak pihak.
3. Mudah mendapatkan kridit pinjaman.
4. Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif.
5. Relatif mudah untuk didirikan.
6. Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.
• Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
1. Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
2. Modal dan ukuran perusahaan besar.
3. Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
4. Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
5. Kepemilikan mudah berpindah tangan.
6. Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai.
7. Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen.
8. Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saha
9. Sulit untuk membubarkan pt.
10. Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden.
Organisasi Organisasi Garis/ Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur.
Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama.
Organisasi Lini ini diciptakan oleh Henry Fayol Terdapat ciri-ciri sebagai berikut:
1. Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang
2. Selain top manajer , manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
3. Jumlah karyawan sedikit
4. Sarana dan alatnya terbatas
5. Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
6. Organisasi kecil Keuntungan dari struktur organisasi ini adalah :
1. Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando
2. Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
3. Proses decesion making berjalan cepat
4. Disiplin dan loyalitas tinggi
5. Rasa saling pengertian antar anggota tinggi
Keburukan dari struktur organisasi ini adalah :
1) Ada tendensi gaya kepernimpinan otokratis
2) Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
3) Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
4) Karyawan tergantung pada satu orang dalam organisasi
4. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya,
Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills) Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya.
Keterampilan Teknis (Technical Skills) Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, dll.
5. A. Perseroan Komanditer (CV)
B. Perusahaan Perseorangan
C. Perseroan Terbatas (PT)
D. Perseroan Terbatas (PT)
6. Di tempat saya ada sebuah Warung bakso yang memang sangat laris dan banyak di datangi pelanggan. Yang menarik dari Warung Bakso tersebut adalah, lokasinya yang strategis, rasa makanannya enak, porsinya banyak dan harganya benar-benar terjangkau, dan kita bisa mengambil kuah sepuasnya yang kita ingkinkan. Namun sayangnya di situ pelayanannya cukup lama karena memang tidak ada pegawai yang membantunya apalagi dengan keramaian pelanggannya setiap hari dari proses pembuatan dan penjualan dilakukan sendiri oleh pemilik baksonya.
Nama : Putri Firiandari
Nim : 01219060
Kelas : Manajemen A01
Ujian Akhir Semester Pengantar Bisnis
Nama : Putri Firiandari
NIM : 01219060
Kelas : Manajemen A01
1. untuk itu seharus pihak sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut pihak yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas mereka harus memaksimalkan bisnis
Pada Lingkungan Internal
a. Karyawan : Pelayanan terhadap pelanggan
b. Manajemen : Keahlian dalam mengelola sebuah bisnis
c .Pemegang saham : orang yang mendanai dan menanamkan modalnya dalam -bisnis tersebut
Pada Lingkungan Eksternal
a. Lingkungan Khusus : Konsumen atau pelanggan merupakan kelompok potensial yang mengonsumsi output atau barang dan jasa yang dihasilkan Pemasok, perusahaan atau individu yang menyediakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi produk atau jasanya. Pesaing, meliputi semua tawaran pesaing yang nyata maupun potensial serta substitusi yang dipertimbangkan oleh pembeli.
1. Kreditor, Perusahaan perlu memperhatikan kreditor atau kelompok kepentingan tertentu yang mempengaruhi kegiatan organisasi secara financial.
b. Lingkungan Umum
1. Kondisi Ekonomi : Tingkat inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan nasional, keadaan neraca pembayaran, kondisi pasar saham serta fluktuas kurs valuta asing dan suku bunga,Kondisi politik dan Hukum : Terdapatnya kestabilan politik dan kebijakan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan suasana kondusif u Untuk mengembangkan aktivitas organisasi bisnis di berbagai bidang.
2. Kondisi Sosial Budaya : Para manajer perlu memperhatikan adanya perubahan sosial budaya masyarakat khususnya pola dan tren pasar yang dituju.
3. Kondisi Demografi : Kondisi demografi mencakup kebiasaan yang berlaku dalam karakteristik fisik dari populasi, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lokasi geografis, pendapatan, konsumsi keluarga.
4. Teknologi : Teknologi merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling cepat mengalami perubahan. Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan manajer terutama dalam hal pengembangan produk.
5. Globalisasi : Globalisasi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis.
2. Etika Bisnis dan CSR
A. Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis memiliki peranan penting karena dapat membentuk nilai, normal, serta perilaku karyawan dan pimpinan guna membangun hubungan adil dan sehat dengan mitra kerja, pemegang saham, atau masyarakat.
B. Pengertian CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan.
Contoh program CSR seperti yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy) • Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango)
3. Ciri-Ciri bentuk Usaha & Jenis Organisasi a. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
• relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
• tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
• tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
• seluruh keuntungan dinikmati sendiri
• sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
b. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
• Firma
1. Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan. 2. Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
3. Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.
• CV
1. Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
2. Modal besar karena didirikan banyak pihak.
3. Mudah mendapatkan kridit pinjaman.
4. Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif.
5. Relatif mudah untuk didirikan.
6. Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.
• Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
1. Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
2. Modal dan ukuran perusahaan besar.
3. Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
4. Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
5. Kepemilikan mudah berpindah tangan.
6. Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai.
7. Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen.
8. Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saha
9. Sulit untuk membubarkan pt.
10. Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden.
Organisasi Organisasi Garis/ Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya bentuk lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur.
Bentuk ini merupakan bentuk yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri pertama.
Organisasi Lini ini diciptakan oleh Henry Fayol Terdapat ciri-ciri sebagai berikut:
1. Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang
2. Selain top manajer , manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
3. Jumlah karyawan sedikit
4. Sarana dan alatnya terbatas
5. Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
6. Organisasi kecil Keuntungan dari struktur organisasi ini adalah :
1. Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando
2. Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
3. Proses decesion making berjalan cepat
4. Disiplin dan loyalitas tinggi
5. Rasa saling pengertian antar anggota tinggi
Keburukan dari struktur organisasi ini adalah :
1) Ada tendensi gaya kepernimpinan otokratis
2) Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
3) Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
4) Karyawan tergantung pada satu orang dalam organisasi
4. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya,
Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills) Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya.
Keterampilan Teknis (Technical Skills) Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, dll.
5. A. Perseroan Komanditer (CV)
B. Perusahaan Perseorangan
C. Perseroan Terbatas (PT)
D. Perseroan Terbatas (PT)
6. Di tempat saya ada sebuah Warung bakso yang memang sangat laris dan banyak di datangi pelanggan. Yang menarik dari Warung Bakso tersebut adalah, lokasinya yang strategis, rasa makanannya enak, porsinya banyak dan harganya benar-benar terjangkau, dan kita bisa mengambil kuah sepuasnya yang kita ingkinkan. Namun sayangnya di situ pelayanannya cukup lama karena memang tidak ada pegawai yang membantunya apalagi dengan keramaian pelanggannya setiap hari dari proses pembuatan dan penjualan dilakukan sendiri oleh pemilik baksonya.
Komentar
Posting Komentar